RAPAT KOORDINASI STRUKTURAL PROGRAM BEASISWA, PLENO DOSEN TA 2023/2024 GENAP, SATGAS PPKS dan IAPT

Pamulang- Dalam rangka akselerasi program beasiswa Yayasan Sasmita Jaya, Persiapan Rapat Pleno Dosen TA Genap 2023/2024, Koordinasi SATGAS PPKS dan Pembahasan AIPT, Rektorat Universitas Pamulang (UNPAM) mengundang seluruh Dekan, Ketua Program Studi dan Ketua Lembaga. Kegiatan Rapat Koordinasi Program Beasiswa Yayasasn Sasmita Jaya untuk jenjang doktoral (S-3) diadakan pada hari Senin, 12 Februari 2024 di Ruang Anggrek 1 Kampus UNPAM Viktor. Wakil Rektor II Bidang Admibnistrasi Umum dan Keuangan Bapak Dr. Drs. Subarto, M.Pd. berindak sebagai pemandu acara, pada kesempatan pertama sambutan disampaikan oleh Ketua Yayasan Sasmita Jaya Mas Dr. Pranoto, M.M., dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) khususnya dosen merupakan suatu hal penting bagi Yayasan Sasmita Jaya, fasilitas yang menjadi daya dukung operasional penyelenggaraan UNPAM tentunya telah dapat dinilai secara jelas keberadaannya baik pada pembagunan kampus UNPAM 1, 2, 3 dan yang terbaru yakni kampus UNPAM 4 yang terletak diserang. Tentunya kondisi demikian tidak akan optimal jika tidak diimbangi peningkatan kualitas SDM di jenjang S-3. Atas hal demikian kami berharap para jajaran struktural di tingkat Unit Pengelola Program Studi (UPPS) dan Program Studi itu sendiri dapat memaksimalkan kesempatan tersebut terhadap para dosennya.

Pada kesempatan kedua sambutan disampaikan oleh Rektor UNPAM Bapak Dr. E. Nurzaman A.M, Msi. yang menyampaikan bahwa peran aktif program studi dalam memajukan SDM dosen tentunya menjadi hak utama, mengigat Yayasan telah memfasilitasi beasiswa doktoral yang dotabenya dapat membantu seluruh program studi dalam mendampah jumlah doktor di program studi masing-masing. Selanjutnya terkait beasiswa tersebut sendiri adalah salah satu pilihan dari sekian banyak program beasiswa yang disediakan khususnya oleh negara. Sehingga keberadaan beasiswa yayasan ini menjadi pilihan menarik bagi para dosen. Terkait dengan hal tersebut beasiswa yayasan ini sekiranya menjadi salah satu alternatif yang dapat dicoba setelah para dosen terlebih dahulu mencoba program beasiswa yang di failitasi negara yakni Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI), Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Beasiswa Bank Indonesia, Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek dan lainya. Tentunya atas hal demikian lebih memperkaya pilihan bagi dosen dalam keinginannya meningkatkan jenjang pendidikannya. Selanjutnya terkait dengan pencegahan kekerasan seksual di lingkungan kampus atau Satgas PPKS ini sangat penting terkait dengan pencegahan dan penanganan kekerasan seksual untuk mencegah hal-hal yang tidak sesuai dengan norma. Harapan kedepannya, suasana akademik di UNPAM menjadi semakin memberikan kenyamanan, sehingga semua nyaman dan aman dalam menjalankan aktivitas, tugas dan kewajibannya.

Pada kesempatan ketiga Kepala Bagian Kepegawaian dan TIM IT Center memaparkan konsep teknis penyelenggaraan beasiswa doktoral Yayasan Sasmita Jaya tersebut, diawali oleh Kepala Bagian Kepegawaian Bapak Dr. Muhamad Iqbal, S.H.,M.H. yang memperkenalkan sekema penerimaan beasiswa tersebut dimana setiap dosen yang hendak masuk pada program beasiswa Yayasan Sasmita Jaya jenjang doktoral akan diseleksi mengikuti jumlah kuota yang tersebdia serta terlebih dahulu memahami kewajibannya dalam menjalankan tri dharma, karena jejak pelaporan pelaksanaan tri dharma merupakan usur terpenting dalam pemberkasan tersebut. Selanjutnya sistem akan menunjukan dokumen yang diklaim oleh dosen sebagai syarat administrasi dan beberapa komponen yakni proposal riset, Personal Statement dan Deskripsi diri dalam pengembangan lembaga setelah meraih gelar doktor yang akan menunjukan komitment dosen tersebut setelah menyelesaikan masa studi doktoral. Kesempatan selanjutnya TIM IT Center yang di wakili Mas Rohim, S.Kom menjabarkan konsep teknik validasi pemberkasan yang dilakukan oleh dekanat, dimana setiap syarat administrasi yang telah dilaporkan oleh para dosen peserta seleksi program beasiswa akan di cek satu persatu, untuk menentukan validitas data yang telah diklaim.

Pada kesempatan keempat Wakil Rektor II Bidang Admibnistrasi Umum dan Keuangan Bapak Dr. Drs. Subarto, M.Pd. menyampaikan berkaitan dengan persiapan rapat kerja dosen yang akan diselenggarakan pada Sabtu, 17 Februari 2024 dimana skema pembagian program studi akan dibagi menjadi 2 (dua) kelompok, mengantisipasi jumlah dosen peserta rapat pleno yang saat ini terkonfirmasi berada diangka 1476 dosen. 2 (dua) kelompok tersebut diberikan akses pada 2 (dua) gedung yang berbeda, terkait skema akses masuk dosen akan di informasikan tersendiri pada surat edaran khusus. Selanjutnya diharapkan seluruh ketua program studi dapat mengkoordinir para dosennya agar dapat hadir pada agenda tersebut tepat waktu dan melalui akses masuk yang telah ditetntukan.

Pada kesempatan kelima Ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Bapak Dr. Imam Sofii, S.E., S.Ag menyampaikan dalam hal kebutuhan terhadap jadwal Asesmen Lapangan (AL) maka terdapat beberapa dokumen yang harus segera dilengkapi, dokumen tersebut adalah dokumen yang berada ditingkat UPPS. Maka diharpkan kepada seluruh Dekan sebagai pengelola UPPS dapat berkolaborasi dalam hal pemenuhan peningkatan dokumen tersebut, untuk mensukseskan agenda Akreditasi Perguruan Tinggi yang akan dilaksanakan. Pada kesempatan keenam diberikan kesempatan TIM Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (SATGAS PPKS) memaparkan konsepnya yang kali ini penyampaian tersebut diwakili oleh Ibu Halimah Humayra Tuanaya, S.H, M.H. selaku Ketua SATGAS PPKS. Dalam penjelasannya beliau menyampaikan jangan takut melapor apabila teman-teman melihat kekerasan seksual di kampus. Karena kalau kita diam saja, sama saja kita mendukung adanya hal tu. Mudah-mudahan selepas kegiatan ini kita bisa maju dan menjadi contoh dalam pencegahan kekerasan seksual di Perguruan Tinggi (PT).(Iq)

Tags:

Comments are closed